Mitra UMKM Go Online ! Web & SEO Specialist

5 Kesalahan Yang Sering Dilakukan Oleh Pebisnis Online

By on May 6, 2013 in Blogs | 0 comments

Bisnis online memang sedang mengalami perkembangan yang cukup pesat di Indonesia. Siapa saja yang bisa mengakses internet pada dasarnya bisa memulai sebuah bisnis. Namun Apa yang membedakan pebisnis online yang sukses dengan yang lainnya? Berikut ini adalah 10 kesalahan umum yang sering kami temukan dari pebisnis online yang belum berhasil mengoptimalkan bisnisnya.

 

1. Tidak Fokus

Ini adalah kesalahan paling umum. Banyak orang masih memperlakukan bisnis online sebagai bisnis sampingan. Hal ini bukan berarti salah, namun bukan berarti Anda bisa menjalankannya dengan setengah-setengah. Bisnis apapun jika Anda tidak menjalaninya setengah-setengah, maka Anda akan mendapatkan hasil yang setengah-setengah pula.

Fokus bukan berarti meninggalkan pekerjaan Anda (jika Anda masih bekerja sebagai karyawan) dan seharian menghabiskan waktu di depan laptop. Fokus disini berarti dedikasi atau keseriusan Anda menjalani bisnis online Anda. Jika Anda memutuskan untuk menjual produk fashion, maka fokuslah disana. Jangan tiba-tiba Anda hanya karena peluang bisnis Tablet PC  yang lagi naik daun lantas Anda ikut-ikutan menjual Tablet PC. Memang bisnis online memiliki fleksibilitas pilihan produk yang luar biasa, namun jika Anda tidak fokus hal ini malah bisa berbalik menyerang produktifitas Anda dan membuat bisnis Anda tidak bisa besar.

Perhatikan orang-orang yang menghasilkan puluhan juta perbulan dari internet. Mereka fokus dan menginvestasikan ribuan jam melatih skill dalam menjalankan bisnis online mereka. Bagaimana dengan Anda?

 

2. Terlalu Banyak Berfikir

Internet adalah gudangnya informasi. Saat Anda sedang mengurus toko online, Anda bisa sambil membaca artikel, menonton video ini itu yang bisa membantu mengembangkan bisnis Anda. Namun banyak sekali pebisnis online yang kami temui hanya membaca artikel tersebut dan tidak mempraktekannya. Kini informasi beredar lebih cepat daripada kemampuan kita meng-konsumsi informasi tersebut. Anda tidak memerlukan lebih banyak informasi, Anda memerlukan lebih banyak tindakan. Prinsipnya sama seperti bisnis offline: lakukan saja terlebih dahulu.

Terlalu banyak tahu Akan membuat Anda terlalu banyak berfikir. Terlalu banyak berfikir akan membuat Anda terlalu banyak mempertimbangkan hal-hal yang ada diseputar bisnis Anda. Terlalu banyak pertimbangan akan membuat Anda takut melangkah dan bertindak.

Kurangilah aktifitas berfikir Anda sejenak dan mulailah bertindak.

 

3. Tidak Memiliki Blog

Blog adalah salah satu senjata marketing paling efektif di era digital seperti saat ini. YukBisnis telah menghasilkan puluhan ribu kunjungan perbulan melalui blog yang sedang Anda baca saat ini. Semua kunjungan itu gratis (tanpa iklan) dan banyak diantara pembaca kami yang berlangganan dan kembali lagi ke blog ini.

Memang sulit menulis dan menjaga blog Anda tetap segar dengan artikel-artikel terbaru, namun akan lebih sulit untuk bisnis online Anda kedepannya jika Anda tidak mulai menulis blog sekarang. Selain penghasil traffic yang dahsyat, fungsi utama blog adalah sebagai sarana komunikasi ke pelanggan Anda. Memang benar Anda bisa menggunakan Twitter atau Facebook untuk melakukan hal yang sama. Namun strategi pemasaran melalui social media Anda akan lengkap jika Anda memiliki blog.

 

4. Tidak Memasarkan Secara Offline

Walaupun Anda menjalankan bisnis online sepenuhnya (tidak memiliki toko fisik) tidak ada salahnya Anda tetap melakukan pemasaran offline. Anda dapat memulai dari hal sederhana seperti kartu nama atau brosur biasa. Anda bisa menuliskan seluruh detail mengenai toko online Anda disiana seperti: url toko online, akun Twitter, Facebook, nomor kontak, dan lain-lain.

Jika Anda memiliki budget yang lebih, Anda dapat mempertimbangkan memasarkan melalui iklan di koran atau majalah.

 

5. Informasi Toko Online Yang Tidak Lengkap

Toko online Anda adalah ruangan untuk memajang barang Anda. Lengkapilah toko online Anda dengan informasi yang tidak hanya fungsional, namun juga menjual. Kelengkapan informasi ini termasuk: foto produk dari berbagai sisi, deskripsi produk, informasi teknis, harga, video, dan informasi-informasi lain seperti testimoni pembeli. Jangan lupakan juga kelengkapan dibelakang layar seperti Meta Title dan Meta Description untuk keperluan SEO toko online Anda. Risetlah kata kunci yang baik sebelum menuliskannya.

Toko online seperti di YukBisnis menyediakan ruangan untuk menulis deskripsi yang cukup banyak. Jangan sia-siakan kesempatan ini, tulislah deskripsi produk yang lengkap serta cerita diseputar produk yang Anda jual. Jangan tulis deskripsi yang membosankan yang hanya berisi detail produk dan cara membeli. Anggaplah kolom deskripsi itu seperti kanvas kosong, berkreasilah.

Perhatikan foto produk Anda, apakah muncul di toko Anda seperti bagaimana harusnya? Semua detail-detail ini mungkin terlihat membosankan, namun detail-detail seperti akan sangat membantu konsumen nantinya. Dan jangan lupa Google juga suka dengan deskripsi produk yang baik.

 

Itulah 5 kesalahan umum yang masih sering kami jumpai selama menjalankan YukBisnis. Untuk Anda yang masih melakukan kesalahan seperti diatas, perbaikilah segera. Ingatlah bahwa tidak ada yang namanya kesalahan, hanya pembelajaran.

Sumber